KEGIATAN BURSA INOVASI DESA DI KAB NATUNA TAHUN 2018

WartaKominfo) – Berlandaskan UUD No 6  Tahun 2014 Tentang Desa, Pemerintah berupaya meningkatkan kapasitas keuangan Desa melalui Alokasi Dana Desa (ADD) yang diharpakan dengan adanya Bursa Inovasi Desa dapat meningkatkan kemampuan Desa untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Bupati Natuna, Hamid Rizal mengatakan Program Inovasi Desa diharapkan mampu menjadi jembatan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan. Menurutnya,  dengan sebuah inovasi bahan baku yang dihasilkan oleh nelayan dan petani mampu diolah sekreatif mungkin hingga memiliki nilai jual yang tinggi.

“ Contoh Inovasi yang dilakukan oleh masyarakat Desa di Natuna ini adalah pengolahan daun cengkeh yang disuling sehingga menghasilkan minyak, pemanfaatan tempurung kelapa, dan pengasapan ikan tongkol sehingga memiliki nilai jual yang tinggi,” tutur Hamid.

Hamid menghimbau masyarakat Natuna dan seluruh pihak dari Pemerintah Kabupaten hingga Desa dan pihak-pihak yang bertanggungjawab terhadap inovasi Desa dapat kiranya bahu membahu untuk melaksanakam program tersebut semampunya.

“Mari kita sama-sama bahu-membahu untuk melaksanakan program kita ini sesuai kemampuan kita. Mana yang bisa kita buat, kita buat, dan yang tidak bisa jangan dipaksakan”, jelas Hamid mengakhiri pidatonya.

  1. Acara Bursa Inovasi Desa tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna, Hamid Rizal, ditandai dengan pemukulan Gong, didampingi oleh Ketua DPRD, Sekda Natuna, perwakilah FKPD dan Perwakilan Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepulauan Riau. (Sumber : warta Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *